arkarim

Pusat Informasi Budidaya Dan Beternak Terlengkap

Saturday, November 7, 2015

Cara Ternak Dan Budidaya Kelinci Hasil Bombastis

Cara Ternak Dan Budidaya Kelinci Hasil Bombastis - Ternak kelinci pedaging peluang untung besar – Ternak kelinci sebenarnya tergolong untuk Hobi dan juga bisa di bersanding dengan Bisnis. Kelinci selain hewan yang lucu dan imut buat di sayang dan di manjakan. Kelinci juga memiliki peluang yang sangat bagus untuk di jadikan usaha skala Besar.Ternak kelinci pedaging peluang untung besar, sudah banyak yang sukses dan untung besar dari  usaha ternak kelinci ini. Di tahun ini usaha ternak masih akan tetap meramaikan pasar bisnis di Indonesia. Salah satu contohnya adalah ternak kelinci pedaging yang bisa dijadikan alternatif untuk usaha sampingan. Dengan modal beberapa bibit kelinci dan kandang maka kita sudah bisa memulai usaha ternak kelinci pedaging. Berikut informasi selengkapnya mengenai Cara Ternak Dan Budidaya Kelinci Hasil Bombastis .
Cara Ternak Dan Budidaya Kelinci Hasil Bombastis


Kelinci masuk kategori hewan yang mudah berkembang biak, jadi untuk langkah awal membuka usaha cukup dengan modal sepasang kelinci pejantan dan betina. Untuk masalah pakan bisa dapatkan dengan mudah yaitu rumput, kangkung, wortel dan sayur-sayuran lain.

Untuk ternak kelinci pedaging biasanya yang digunakan adalah kelinci yang berwarna putih, dan bukan kelinci hias. Setelah kelinci tumbuh besar dan siap dipotong kita bisa menawarkannya ke penjual sate kelinci yang banyak kita temukan di pinggiran jalan. Sebelum memulai beternak kelinci pedaging, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

1. Pemilihan bibit
Bibit yang baik menjadi faktor penentu untuk berhasil dalam ternak kelinci pedaging.

Ciri-ciri kelinci yang baik adalah sebagai berikut :
Fisiknya nampak tegap, gerakannya gesit dan menarik perhatian
Bulu halus mengkilap dan tidak rontok
Pandangan mata nampak tajam
Punya nafsu yang makan baik
Bentuk ekor naik mengikuti arus tulang punggung
Pada bagian saluran kencing dan anus tidak basah atau kotor
Ternak kelinci pedaging peluang untung besar – Memilih indukan yang baik adalah indukan yang berumur 8 bulan karena dalam usia ini produktivitas keturunanya masih dalam kondisi prima, jangan membeli kelinci untuk indukan yang berumur diatas 2,5 tahun, karena masa produktifitasnya sudah menurun dan kemungkinan sudah tidak bisa beranak lagi.

Keturunan indukan juga harus jelas, keturunan yang asli sangat penting untuk indukan agar kualitas anak-anaknya nanti tetap terjaga secara baik. Carilah peternak kelinci yang terpercaya atau yang benar-benar menternakkan kelinci dengan kwalitas baik.

2. Menejemen modal
Selain bibit, yang terpenting lagi adalah modal, lakukan kalkulasi biaya ternak kelinci pedaging dan juga ketersediaan modal uang juga sangat menentukan maju mundurnya usaha beternak kelinci peaging ini.
Modal kandang

Biaya untuk pembuatan kandang kelinci ini menjadi beban yang harus dipenuhi, kandang merupakan syarat mutlak untuk membangun usaha ternak kelinci. Agar tidak salah perhitungan pastikan anda menghitung secara teliti bahan-bahan dan kebutuhan untuk kandang. Biaya pembelian perlengkapan kandang juga harus diperhitungkan. Selain tempat dan pakan, biaya yang tak terduga seperti sapu, sikat, tempat sampah gayung air selang dan lain sebaginya. Juga sangat penting.

Bibit unggul kelinci pedaging usahakan tak lebih dari 4 ekor, terdiri dari 3 betina dan 1 pejantan. Anda dapat membeli kelinci pada bulan-bulan berikutnya setelah anda mampu mengelola ternak kelinci tersebut. Terlebih jika sudah menghasilkan beberapa anak dan tingkat kematianya sedikit. Jika belum berhasil ada baiknya banyak belajar dari peternak yang lebih senior.

Kelinci yang bagus mampu melahirkan anak sekitar 6-10 ekor per 4 minggu sekali atau 1 bulan. Jika anda sudah berhasil dalam hal pemeliharaan ini, dan kelinci anda menghasilkan anak dengan presentase kematian kecil, mulailah menambah jumlah indukan kelinci anda. Semakin banyak indukan semakin besar juga peluang keuntungan yang akan anda dapatkan.


Demikianlah informasi lengkap menegnai Cara Ternak Dan Budidaya Kelinci Hasil Bombastis . Kunjungi informasi lainya seperti Cara Budidaya Burung Walet Hasil Bombastis . Terimaaksih

Back To Top