arkarim

Pusat Informasi Budidaya Dan Beternak Terlengkap

Thursday, October 18, 2018

4 Jenis Burung Kacer yang Sangat Populer di Indonesia

Burung Kacer merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta burung di Indonesia. Burung yang memiliki ukuran tubuh cukup mungil ini sangat terkenal dengan kicauannya yang sangat merdu. Konon, karena kicauannya yang sangat merdu, harga burung Kacer yang sudah jadi (sudah berhasil dilatih / sudah memiliki kicauan yang bagus) dapat mencapai puluhan juta rupiah loh. Nah, berbicara mengenai burung Kacer, berikut merupakan beberapa jenis burung Kacer yang saat ini sangat populer di kalangan para pecinta burung di Indonesia :

4 Jenis Burung Kacer yang Paling Digandrungi Para Pecinta Burung 


4 Jenis Burung Kacer


Kacer Poci
Jenis Kacer pertama yang saat ini sangat digandrungi oleh para pecinta burung di Indonesia adalah Kacer Poci. Kacer poci yang juga banyak dikenal dengan julukan Kacer Sumatera ini memiliki ciri utama berupa warna putih terang yang terdapat di bagian perut, dada, dan pangkal dubur. Selain ciri utama tersebut, burung Kacer yang satu ini juga memiliki ciri lain berupa suaranya yang sangat keras dan lantang. Hebatnya lagi, burung Kacer Poci yang sudah jadi biasanya juga memiliki kelebihan berupa kemampuan meniru suara burung – burung lainnya.

Kacer Jawa
Jenis Kacer ke dua yang saat ini sangat populer di kalangan para pecinta burung di Indonesia adalah Kacer Jawa. Burung kacer jawa memiliki ciri utama berupa warna putih yang hanya terletak di bagian sayap. Sama seperti halnya burung Kacer Poci, burung Kacer Jawa juga memiliki kemampuan meniru suara burung lainnya. Hanya saja, kemampuan dan juga kelantangan suara Kacer Jawa tergolong biasa – biasa saja, dan masih tergolong jauh lebih rendah dibandingkan dengan kemampuan dan kelantangan suara Kacer Poci.

Kacer Madagaskar
Jenis Kacer ke tiga yang belakangan ini juga cukup banyak digemari oleh para pecinta burung di Indonesia adalah Kacer Madagaskar. Burung Kacer Madagaskar memiliki ciri fisik yang hampir mirip dengan Kacer Poni. Jika dilihat sekilas dari kejauhan, dua burung Kacer ini akan sangat sulit dibedakan. Namun, jika diteliti secara lebih rinci, burung Kacer Madagaskar memiliki warna bulu hitam yang agak sedikit kebiru – biruan.

Menurut sumber yang kami baca, Burung Kacer Madagaskar merupakan salah satu spesies endemik Kepulauan Madagaskar yang ada di Benua Amerika. Konon, di tempat asalnya burung Kacer ini sudah tergolong cukup sulit untuk ditemui. Anehnya, meskipun berasal dari Madagaskar dan sudah tergolong hewan langka, burung kacer yang satu ini banyak dimiliki oleh kolektor burung di tanah air. Dan anehnya lagi, burung kacer Madagaskar juga memiliki suara kicauan yang tidak jauh berbeda dengan suara kicauan burung kacer tanah air.

Kacer Blorok
Jenis Kacer terakhir yang juga tidak kalah populer dari tiga burung Kacer yang sebelumnya adalah Kacer Blorok. Seperti nama yang disematkan padanya, burung Kacer yang satu ini memiliki ciri utama berupa warna blorok yang ada di sekujur tubuhnya. Konon, menurut para penangkar Kacer, burung Kacer Blorok pada dasarnya merupakan hasil persilangan antara Kacer Jawa dan Kacer berwarna Hitam Putih (seperti Kacer Poci dan Kacer Madagaskar). Konon, karena didapatkan dari hasil persilangan Kacer Poci, burung Kacer Blorok biasanya memiliki kicauan yang keras dan lantang seperti halnya kicauan Kacer Poci.

Itulah 4 jenis burung Kacer yang saat ini sangat populer di kalangan para pecinta burung di Indonesia. Semoga bermanfaat ya!

Back To Top