arkarim

Pusat Informasi Budidaya Dan Beternak Terlengkap

Friday, April 8, 2016

Makanan Lovebird Terbaik untuk Anakan dan Dewasa

Ketika memutuskan untuk memelihara burung, mau tidak mau kita harus mengetahui jenis makanan terbaik yang dibutuhkan oleh burung tersebut. Ketika memelihara burung Lovebird misalnya, agar Lovebird tetap sehat, kita harus mengetahui jenis makanan Lovebird yang paling disukai dan juga paling bagus. Tanpa pengetahuan jenis makanan yang tepat, burung Lovebird tentunya tidak akan bisa tumbuh sehat, cantik, dan bersuara bagus.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana untuk memelihara burung Lovebird, berikut merupakan beberapa jenis makanan Lovebird untuk anakan dan dewasa :

Makanan Lovebird Terbaik

Makanan Lovebird Terbaik

Sama seperti halnya manusia, burung Lovebird juga membutuhkan pasokan nutrisi makanan yang bermacam – macam, bergantung kepada usianya. Selain itu, daya cerna Lovebird anakan dan Lovebird dewasa tentunya juga berbeda. Sehingga, mau tidak mau, kita harus memberikan jenis makanan yang berbeda pula untuk Lovebird anakan dan Lovebird dewasa.

1. Makanan Lovebird Anakan
Seperti yang telah disebutkan di atas, daya cerna burung Lovebird anakan tentunya jauh berbeda dengan daya cerna burung Lovebird dewasa. Sama seperti halnya bayi manusia, sebelum bisa mengonsumsi nasi keras, bayi harus diberikan bubur terlebih dahulu selama beberapa bulan. Nah, anakan burung Lovebird pun seperti itu, sebelum bisa mengonsumsi bahan makanan keras seperti Lovebird dewasa, anakan Lovebird harus dibuatkan makanan khusus terlebih dahulu yang teksturnya jauh lebih halus dibandingkan dengan tekstur makanan Lovebird dewasa.

Di dunia ternak Lovebird sendiri, para breeder biasanya menggunakan dua jenis makanan Lovebird anakan. Jenis makanan yang pertama adalah makanan instan yang memang dijual khusus untuk anakan Lovebird, sedangkan jenis makanan yang ke dua adalah makanan racikan yang dibuat dari bubur SUN untuk anak bayi.

Cara Meracik Makanan Lovebird Anakan
  1. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, seperti : timbangan, blender, sendok, pelet / voor fancy (450 gr), tepung jagung (360 gr), bubur SUN (satu pak), Vitachick (15 gr), Neobro (15 gr), dan Canary post (15 gr). 
  2. Campurkan voor fancy dan tepung jagung, lalu blender hingga halus 
  3. Campurkan bubur sun, neobro, canary post, vitachick di tempat berbeda lalu blender kembali hingga halus 
  4. Campurkan campuran 1 dengan campuran 2, lalu aduk kembali hingga ke dua campuran tersebut benar – benar tercampur dengan merata 
  5. Makanan Lovebird anakan siap untuk diberikan

2. Makanan Lovebird Dewasa
Berbeda dengan makanan Lovebird anakan yang proses pembuatannya agak sedikit ribet, makanan burung Lovebird dewasa cenderung jauh lebih mudah dan simpel. Secara umum, makanan untuk burung Lovebird dewasa dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu makanan burung Lovebird dari bahan biji – bijian, dan makanan dari bahan sayur – sayuran.

Makanan Lovebird dari bahan biji – bijian :
  • Jagung Muda
  • Biji Kenari 
  • Bulir Ketan Hitam 
  • Biji Sawi 
  • Milet Putih 
  • Milet Merah 
  • Campuran Milet Putih, Milet Merah, Bulir Ketan Hitam dan Padi

Makanan Lovebird dari bahan sayur – sayuran
  • Sayur Kangkung 
  • Sayur Sawi 
  • Sayur Toge / Kecambah

Perlu diketahui, untuk menghasilkan burung Lovebird yang bagus, dua jenis makanan tersebut sebaiknya diberikan secara berdampingan atau pun beriringan. Hal ini perlu dilakukan agar semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh burung Lovebird benar – benar terpenuhi dengan baik, sehingga warna dan kicau yang dihasilkan oleh burung Lovebird pun sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

Demikianlah tulisan mengenai makanan Lovebird terbaik untuk anakan dan dewasa yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Back To Top