arkarim

Pusat Informasi Budidaya Dan Beternak Terlengkap

Monday, November 2, 2015

Cara Budidaya Bekicot Hasil Maksimal

Cara Budidaya Bekicot Hasil Maksimal -  Budidaya Bekicot . Bekicot yang bagi sebagian besar orang adalah hewan yang jijik, ternyata mempunyai banyak manfaat dan keistimewaan. Salah satunya yaitu dapat melewati benda tajam tanpa terluka serta dapat menempel pada dinding tanpa terjatuh. Bekicot dapat digunakan sebagai makanan ternak peliharaan di rumah, dapat dijual sebagai sumber protein, zat kapur, dan fosfor bahan makanan ternak pabrik, Dijual sebagai komoditi ekspor ke Belanda, Taiwan, SIngapura, dan Negara Lainnya. Berikut informasi selengkapnya mengenai Cara Budidaya Bekicot Hasil Maksimal

Cara Budidaya Bekicot Hasil Maksimal


1. Syarat, Bahan, dan Alat budidaya bekicot

Syarat. Bekicot dapat hidup baik pada daratan rendah hingga daerah berbukit tidak lebih dari 1000m dari permukaan laut. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam budidaya bekicot antara lain : 1. Suhu yang dibutuhkan bekicot adalah 26'C-29'C, dan kelembaban antara 80-90%.
Bahan. Bahan utama yang diperlukan untuk budidaya bekicot adalah Bibit Bekicot, Kapur atau pecahan tembok, dan kompos. Kemudian bahan untuk kandang kebun : batu bata, pasir, semen, tanaman pelindung. Lalu untuk bahan kandang penetasan : bambu atau kayu, kawat kasa, engsel, kaleng bekas, pasir, kertas semen, dan jerami.
Alat. Alat yang diperlukan untuk membuat kandang bekicot adalah : cangkul, sendok tembok, palu, golok, gunting kawat, gergaji, dan meteran.

2. Langkah Kerja Budidaya Bekicot

Pembuatan Kandang. Untuk pembuatan kandang kebun dapat dilakukan dengan cara : Pilih lokasi kebun yang cukup rindang, Ukur lahan yangakan digunakan untuk kandang kurang lebih 10m x 10m, Buat parit dengan pasangan batu bata dan diplester dengan semen di sekeliling kebun dengan ukuran lebar 40cm dan dalam 30cm, Kemudian isi parit tersebut dengan air (periksa jangan sampai parit tersebut bocor).
Pembuatan Kandang Penetasan. Kandang penetasan khusus digunakan untuk proses perkawinan. Penetasan telur dapat dilakukan dengan cara  berikut ini : Buat kotak sebagai kandang tanpa alas dengan ukuran lebar 75cm, panjang 150cm, dan tinggi 60cm dengan bahan kayu. Kemudian buat tutup kandang dengan menggunakan kawat kasa.
Pemilihan Induk dan Perkawinan. Bekicot banyak sekali ditemukan didaerah pedesaan, jadi anda hanya harus mengumpulkan bekicot-bekicot tersebut ke dalam kandang yang sudah disediakan tadi, kemudian untuk memilih indukan dapat dipilih sesuai kriteria berikut ini : Bertubuh besar dengan ukuran 6-7cm dan berat sekitar 70gr. Mempunyai cangkang yang kuat dan bersih. Untuk pemilihan induk tidak perlu memperhatikan jenis kelamin, karena bekicot adalah hewan yang mempunyai kelamin ganda. Bekicot yang sudah dipilih dapat langsung ditempatkan di dalam kandang penetasan. 

Setiap kandang penetasan dapat diisi 10 pasang bekicot. Untuk pemindahan bekicot dari kandang ke kandang penetasan sebaiknya dilakukan pada malam hari.
Pembesaran. Pembesaran merupakan tahap lanjutan setelah penetasan telur dan pemeliharaan anak bekicot. Pembesaran yang dilakukan di kandang dilakukan setelah anak bekicot berumur 7-15 hr. Kegiatan pembesaran dimulai dengan pemindahan anak bekicot dari kandang penetasan ke dalam kandang pembesaran. Pada saat pemindahan harus dilakukan dengan hati-hati karena cangkang bekicot masih sangat rapuh. Setelah anak bekicot dipindahkan ke dalam kandang pembesaran, perlu diperhatikan pemberian vaselin di sekitar dinding kandang, agar anak bekicot tidak keluar dari kandang. Agar pembesaran bekicot sempurna lakukan penyiraman kandang sehari 2x yaitu padi dan sore hari agar kelembaban dan suhu kandang dapat terjaga dengan baik. Bekicot dapat dipanen setelah berumur sekitar 7-10 bulan.

 3. Pemasaran

Bekicot segar. Bekicot segar adalah bekicot yang dipasarkan dalam bentuk segar dan masih hidup. Cara umum yang digunakan yaitu dengan menempatkan bekicot ke dalam keranjang atau langsung di bak truk dengan cara berlapis-lapis antara bekicot dan pelindung.
Bekicot Olahan. Bekicot olahan adalah bekicot yang diolah terlebih dahulu sebelum dipasarkan. sebelum mengolah bekicot hendaknya bekicot tidak diberi makan dahulu selama 2 hari untuk membersihkan kotoran yang ada didalamnya


Demikianlah informasi lengkap mengenai Cara Budidaya Bekicot Hasil Maksimal . Kunjungi informasi lainya seperti Cara Ternak Ayam Potong Hasil Maksimal . Terimakasih 

1 comments:

Back To Top